Situs Kumpulan Makalah Tugas Sekolah SMP SMK

macam-macam aplikasi internet



Macam-Macam Aplikasi Internet

  1. WWW (World Wide Web)

Istilah singkatnya adalah W3 (three doubleyou). WWW atau web adalah sebuah sistem di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet  webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext.

2.Email (Electronic Mail)

Email adalah sistem surat menyurat melalui komputer yang saling terhubung dengan jaringan global. Email merupakan surat elektronik yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan surat, cerita, puisi bahkan bisa juga mengirimkan berupa file dokumen, gambar, musik, film dan sebagainya. Dengan demikian e-mail berfungsi sebagai alat komunikasi untuk pengiriman/penerimaan yang hanya berisikan data elektronik.

3.Newsgroup

Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi antar satu dengan yang lainnya dalam sebuah forum dengan ketertarikan dan kepentingan yang sama dalam membahas topik-topik tertentu. News Group merupakan kelompok diskusi dalam UseNet yang membahas suatu topik masalah tertentu yang memiliki server sendiri. Sarana yang digunakan dapat berupa multimedia (audio visual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video, bias berupa teks saja atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC). Gambaran newsgroup hampir mirip dengan sebuah majalah dinding dimana yang tergabung di dalamnya dapat dengan bebas mengemukakan pendapatnya.

4.Mailing List

Mailing List atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap kali berkirim email ke alamat milis maka akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok milis yang mempunyai sifat yang sama dengan email.

5.IRC(Internet Relay Chat)

IRC biasa disebut “chat” adalah sebuah bentuk komunikasi di internet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikan melalui keyboard.IRC berfungsi sebagai sarana untuk melakukan percakapan di internet. Istilah bercakap-cakap di internet adalah chatting. 
    
  6.FTP (File Transfer Protocol)

FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasanya digunakan untuk download (mencari/mengambil file dari sebuah situs). File ini bisa berupa hasil penelitian, artikel, gambar, lagu. Aplikasi FTP  prinsipnya memindahkan file antar host dan berupa konsep client-server, yang interaktif, keamanan lebih terjamin, bisa otorisasi, tidak semua client bisa akses.

7.Telnet

Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang berjarak jauh. Telnet dapat digunakan apabila mempunyai alamat IP (IP Address) dari komputer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses berupa User ID dan password. IP Address merupakan bilangan biner 32 bit yang pada setiap 8 bitnya dipisahkan dengan tanda pemisah berupa tanda titik.Contoh IP Address adalah 192.168.50.1. Telnet berfungsi untuk mengakses remote komputer (komputer yang letaknya di lokasi lain), membaca file dan data juga menggunakan remote komputer untuk pelayanan yang lain.

8.Gopher

Gopher adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet yang hanya terbatas pada teks saja.Gopher merupakan program internet yang digunakan untuk mempermudah pencarian, penarikan dan pengambilan informasi (navigasi), kerena menyediakan struktur berbentuk menu direktori dan sub direktori.Untuk bisa mengakses Gopher kita harus menghubungkan dengan Gopher server yang ada di internet.

9.Ping (Packet Internet Gopher)

 Ping adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer kita sudah terkoneksi atau terhubung dengan komputer yang lain di internet. Pengecekan dapat dilakukan dengan mengirimkan sebuah paket data.

10.Facebook

Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.

Tag : Artikel
0 Komentar untuk "macam-macam aplikasi internet"

Back To Top